Sabtu, April 15, 2017

PRP: Injeksi Sendi Sakit dengan Darah Sendiri




PRP (platelets rich plasma), selain proloterapi dan sel-punca (stem-cell), adalah salah satu bentuk terapi regeneratif yang bertujuan merangsang pertumbuhan jaringan yang rusak.

Platelet, atau trombosit, adalah salah satu komponen darah, selain sel darah merah, sel darah putih, dan sebagainya. Platelet banyak mengandung growth factors atau zat-zat yang memicu atau merangsang pertumbuhan jaringan otot-tulang-sendi yang rusak.

Pada terapi regeneratif dengan PRP, darah pasien sendiri akan diambil, kemudian diputar di alat khusus. Akibat putaran itu platelet akan terkumpul di lapisan tertentu, kemudian diambil platelet nya saja dan sisa darahnya dibuang. Konsentrat platelet itu diinjeksi ke sendi, tendo, atau ligamen yang rusak dan nyeri.

Terapi regeneratif menggunakan PRP lebih mahal daripada injeksi proloterapi karena menggunakan kit pengolah darah sekali pakai untuk menjamin keberhasilan terapi dan mencegah infeksi. Kit dan proses pengolahan darah untuk PRP tidak semua sama. Klinik Halmahera Medika menggunakan kit dan mesin Magellan PRP yang sudah terbukti menghasilkan kadar platelet konsentrasi tinggi.

Di Klinik Halmahera Medika, PRP digunakan jika setelah injeksi proloterapi 2-3x tidak ada perbaikan bermakna, atau jika kerusakan yang terjadi cukup berat sehingga diperkirakan tidak akan membaik dengan proloterapi.


Jadi jika anda mengalami sakit sendi dan sakit otot yang terus menerus tidak kunjung baik, atau mengalami cedera olahraga berulang, periksakan diri anda ke dokter yang tepat. Siapa tahu terapi regeneratif dengan PRP adalah solusi tepat masalah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisa dan Koreksi Biomekanik. Kenapa Penting?

Dalam praktek sehari-hari saya sering mendapat pasien yang menderita sakit otot-sendi atau cedera olahraga yang tidak kunjung baik. Suda...