Sabtu, Oktober 03, 2015

Lutut Sakit (bagian 1): Belum Tentu Akibat Asam Urat dan Rematik.




"Salah paham global. Dikira lutut sakit akibat asam urat dan rematik"


Bagian 1 dari 2.


Banyak orang salah paham, mengira lutut sakit yang dialami karena asam urat dan rematik. Bisa jadi benar, tetapi kemungkinan besar sih salah. Semua lutut sakit dianggap asam urat dan rematik. Bahkan bukan hanya masyarakat yang awam ilmu medis, salah paham global ini banyak menghinggapi para dokter juga.

Saya tidak tahu siapa yang memulai salah paham ini, kecurigaan saya sih pabrik-pabrik jamu ilegal yang mencampur jamunya dengan obat keras dan menjualnya sebagai jamu asam urat dan jamu rematik. Lihat saja begitu banyak iklannya di radio atau di koran-koran yang biasanya dipenuhi berita kriminalitas.

Yang benar, jika anda berusia diatas 40 tahun (bisa juga lebih muda), mengalami sakit lutut terutama saat jongkok, duduk lama, berjalan jauh, disertai lutut kaku di pagi hari kemungkinan besar anda mengalami osteoartritis lutut, atau yang biasa disingkat OA lutut. Sering  juga disebut pengapuran sendi lutut.

Kerusakan lutut karena OA. Perhatikan lutut menjadi O, tampak di ronsen sebagai penisipisan bantalan tulang rawan lutut sisi dalam.
Asam urat dan rematik bisa mengenai sendi lutut, tapi jarang. Gejala asam urat tersering nyeri dan bengkak sendi pangkal ibu jari kaki secara mendadak. Gejala rematik paling sering nyeri dan bengkak di sendi-sendi kecil seperti sendi jari-jari tangan. Jadi sekali lagi, lutut sakit anda kemungkinan besar karena OA lutut bukan karena asam urat dan rematik. 


Osteartritis (OA) lutut tidak akan sembuh hanya dengan minum obat nyeri saja atau obat herbal dan jamu asam urat dan jamu rematik. Nyeri yang terasa bisa berkurang oleh obat, tapi penyakitnya  tetap ada.

Hati-hati dengan jamu asam urat, jamu rematik atau jamu pegal linu yang dijual bebas di pasaran. Banyak sebenarnya berisi obat nyeri anti radang dosis tinggi, serta zat steroid. Termasuk obat-obat herbal yang mengaku sebagai obat herbal asam urat.

Salah satu tanda jamu asam urat dan jamu rematik berisi obat nyeri yaitu nyeri hilang cepat setelah ½ - 1 jam obat diminum, kemudian nyeri langsung terasa lagi setelah obat berhenti dikonsumsi. Jika jamu atau obat herbal mengandung zat steroid, setelah mengkonsumsi tersu menerus muka anda akan menjadi bulat seperti bulan (moonface).

Konsumsi terus menerus obat nyeri/anti radang, serta jamu asam urat dan jamu rematik berakibat luka di lambung, keropos tulang (osteoporosis), gangguan tidur, daya tahan tubuh menurun, dan sebagainya. Juga menghambat kemampuan tubuh memperbaiki jaringan sendi yang terkena osteoartritis sehingga kerusakan malah terus semakin parah.

Yang anda harus lakukan adalah periksa lutut sakit anda ke dokter yang tepat. Lutut sakit karena OA membutuhkan beberapa tindakan medis seperti memakai alas kaki khusus, latihan otot paha depan, serta terapi regeneratif. Dokter juga akan memberitahu apa yang harus dilakukan sehari-hari dan olahraga apa yang boleh dilakukan untuk mengurangi lutut sakit anda.  

Injeksi lutut dengan steroid yang diberikan 3 bulan sekali hanya mengurangi nyeri sementara dan jika terlalu sering malah menghambat penyembuhan. Sedangkan injeksi terapi regeneratif (proloterapi dan PRP) lebih tepat karena akan merangsang penyembuhan jaringan yang rusak secara alamiah.

Di artikel berikutnya saya akan ceritakan apa itu OA lutut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisa dan Koreksi Biomekanik. Kenapa Penting?

Dalam praktek sehari-hari saya sering mendapat pasien yang menderita sakit otot-sendi atau cedera olahraga yang tidak kunjung baik. Suda...