Jumat, September 11, 2015

Nyeri Bahu Saat Mengangkat Lengan dan Meraih Kait BH di Punggung Saya. Kenapa Dok?



Keluhan nyeri bahu seperti ini disebabkan tendinopati supraspinatus. Sering juga disebut tendinopati atau tendinosis rotator cuff.

Banyak yang mengira nyeri bahu ini disebabkan asam urat atau rematik. Bahkan tidak cukup banyak dokter yang tahu persis mengenai nyeri bahu akibat tendinopati supraspinatus dan menganggap semua nyeri bahu akibat frozen shoulder, penyakit lain yang sama-sama menyebabkan nyeri bahu.

Artikel ini tentang nyeri bahu akibat tendinopati supraspinatus, apa penyebabnya, pengobatan apa yang tepat, serta apa yang harus dilakukan sehari-hari.

Bahu saya nyeri saat mengangkat lengan dan meraih kait BH di punggung saya. Apa yang terjadi Dok?

Nyeri bahu anda kemungkinan karena tendinopati supraspinatus. Bukan karena asam urat atau rematik.

Banyak penyebab nyeri bahu seperti frozen shoulder, AC joint osteoartritis, bicipital tendinosis, dan sebagainya. Tetapi jika nyeri bahu anda terjadi saat mengangkat lengan, memegang barang, meraih kait BH di punggung atau mengambil dompet di saku celana, kemungkinan besar nyeri bahu karena tendinopati supraspinatus.

Apa itu tendinopati supraspinatus?

Tendinopati supraspinatus adalah kerusakan tendo otot supraspinatus. Otot supraspinatus berfungsi bersama beberapa otot lain membuat anda dapat mengangkat lengan atas anda di atas bahu, seperti saat mengambil barang di rak yang tinggi.

Tendo adalah ujung dari otot yang melekat di tulang, berwarna putih dan lebih keras dibanding otot. Kadang kualitas serat tendo menurun sehingga tendo jadi lemah, bengkak dan dapat robek. Jika tendo rusak, sendi bahu menjadi lemah sehingga sulit dan nyeri saat mengangkat lengan ke atas, atau terjadi nyeri saat memutar lengan ke dalam.

Tendo supraspinatus melekat di tulang lengan atas bersama-sama dengan tendo otot lain (infraspinatus, teres minor, subscapularis) dan gabungannya disebut tendo rotator cuff. Seringkali kerusakan tidak hanya terjadi di tendo supraspinatus tetapi meluas ke tendo sekitarnya (rotator cuff) dan disebut sebagai tendinopati rotator cuff.




Gejala apa yang saya rasakan?

Pertama, nyeri bahu dalam berbagai level nyeri. Bisa nyeri bahu ringan saat gerakan tertentu sampai nyeri hebat saat istirahat yang membuat anda sulit tidur.

Anda juga dapat merasa nyeri bahu dan lemah pada gerakan tertentu seperti saat mengambil barang di rak yang tinggi, saat memegang segayung penuh air, atau saat membuka kait BH di punggung anda dan mengambil dompet di saku belakang celana.

Kenapa nyeri bahu karena tendinosis supraspinatus bisa terjadi?

Otot supraspinatus bekerja terus-menerus dan berulang-ulang pada saat sendi bahu bergerak, sehingga rentan cedera pada orang yang dalam bekerja sering mengangkat lengan atas setinggi atau lebih tinggi dari bahu. Sedangkan tendo supraspinatus hanya sedikit mendapatkan aliran darah, sehingga jika terjadi kerusakan akan sulit sembuh, karena darah yang membawa nutrisi dan zat yang diperlukan sembuh hanya sedikit supply-nya.

Selain itu tendo supraspinatus melewati celah sendi yang sempit, sehingga rentan terjadi gesekan saat sendi bahu bergerak. Terutama jika terjadi kelainan posisi tulang belikat (scapula) yang dikenal sebagai scapular dyskinesia.

Apa yang saya harus lakukan jika mengalami nyeri bahu?

Pertama, tentu diperiksa oleh dokter yang mengerti tentang hal ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menentukan apa benar nyeri bahu anda karena tendinosis supraspinatus, otot-otot lain apa yang ikut terkena, gerakan sehari-hari apa yang membuat masalah, termasuk postur tubuh dan kepala yang membuat celah sendi bahu menjadi sempit, menimbulkan gesekan tendo dan nyeri bahu.

Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan USG bahu untuk menentukan diagnosa dan derajat kerusakan di tendo supraspinatus. Dokter spesialis kedokteran fisik & rehabilitasi seperti saya dapat melakukan pemeriksaan fisik itu, sekaligus pemeriksaan USG-nya.

Apa perlu dilakukan pemeriksaan x-ray (ronsen) dan MRI untuk nyeri bahu saya?

Pemeriksaan USG lebih cocok untuk nyeri bahu karena tendinopati supraspinatus. X-ray bahu hanya dilakukan jika diperkirakan celah sendi menyempit dan terdapat pengapuran.

MRI dapat melihat apa yang terjadi pada nyeri bahu anda dengan lebih detail. Tetapi USG jauh lebih murah daripada MRI, dapat langsung dilakukan di kamar praktek dokter, tanpa risiko bahaya radiasi, dan lebih penting lagi dapat melihat gerakan tendo yang tidak bisa dilihat dengan MRI.

Apakah terapi seperti dipanaskan dapat membantu penyembuhan nyeri bahu saya?

Ya, dapat membantu penyembuhan. Tetapi dokter harus ditentukan dulu apa yang terjadi pada nyeri bahu anda dan terapi apa yang tepat.

Jika tidak terjadi bursitis (pengumpulan cairan) di sendi bahu anda (dilihat dengan USG), maka terapi panas dengan gelombang suara dan gelombang lain dapat membantu bertambahnya aliran darah yang mengandung nutrisi dan zat untuk penyembuhan nyeri bahu. Jika ada cairan, maka dipanaskan akan bertambah nyeri.

Terapi dengan gelombang kejut (shock wave) juga bermanfaat untuk nyeri bahu tipe ini.

Perlukah nyeri bahu saya disuntik?
 
Ya, perlu pada sebagian besar pasien nyeri bahu. Dokter yang mengerti benar tentang nyeri bahu yang dapat menentukan suntikan apa yang diperlukan dan kapan dilakukan. Suntikan steroid, yang sering diberikan oleh banyak dokter, seharusnya hanya diberikan jika terjadi kelebihan cairan (bursitis) dalam sendi bahu, dan jika diberikan berkali-kali justru akan semakin merusak tendo supraspinatus.

Suntikan proloterapi lebih tepat untuk nyeri bahu akibat tendinopati supraspinatus.

Apa itu proloterapi?

Proloterapi adalah injeksi untuk merangsang penyembuhan. Nyeri bahu karena tendinopati supraspinatus terjadi akibat kerusakan yang tidak sembuh-sembuh dengan baik. Jadi harus ada rangsangan khusus untuk memicu pemulihan tendo yang rusak.

Hati-hati dengan injeksi steroid dan obat anti radang yang sering diberikan banyak dokter. Steroid dan anti radang non-steroid dapat menghilangkan nyeri, tetapi juga dapat menghambat penyembuhan tendo supraspinatus itu.

Apakah obat yang diminum dapat menyembuhkan nyeri bahu saya?

Obat anti nyeri dapat membantu mengurangi rasa nyeri tetapi tidak menyembuhkan kerusakan tendo yang terjadi. Malah pemakaian obat nyeri terus menerus dapat menghambat penyembuhan. Dokter akan memilihkan tipe obat nyeri yang tepat untuk nyeri bahu anda.
 
Setelah proloterapi, anda memerlukan asupan nutrisi yang baik dan suplemen vitamin untuk membantu tubuh membentuk kembali jaringan tendo baru menggantikan yang rusak.

Apa yang harus saya lakukan sehari-hari di rumah dan tempat kerja?
Nyeri bahu karena tendinopati supraspinatus dipicu gerakan lengan atas sejajar atau lebih tinggi dari bahu yang dilakukan berulang-ulang. Anda harus mengubah kebiasaan sehari, seperti memakai undakan untuk mengambil barang di tempat tinggi, menaruh barang yang digunakan sehari-hari di lemari yang rendah.

Jika anda melakukan latihan angkat beban, hindari sementara mengangkat beban di atas bahu dan perbaiki teknik yang masih salah.

Penata rambut yang bertubuh pendek, sebaiknya menggunakan sepatu bersol tebal atau menurunkan ketinggian kursi di salon nya.

Apakah postur tubuh saya mempengaruhi terjadinya nyeri bahu ini?

Ya. Postur tubuh yang cenderung membungkuk dan kepala yang maju ke depan membuat celah sendi di bahu menjadi sempit dan mudah terjadi gesekan tendo supraspinatus. Postur tubuh seperti ini bisa disebabkan kebiasaan sehari-hari, masalah di tulang belakang, gangguan penglihatan, dan lebih sering lagi akibat masalah psikologis sepert rasa rendah diri, beban kehidupan sehari-hari dan sebagainya.



Kemana saya harus konsultasi jika mengalami nyeri bahu seperti ini?

Anda dapat menemui saya di Klinik Halmahera Medika Bandung setiap Selasa, Kamis dan Sabtu sore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisa dan Koreksi Biomekanik. Kenapa Penting?

Dalam praktek sehari-hari saya sering mendapat pasien yang menderita sakit otot-sendi atau cedera olahraga yang tidak kunjung baik. Suda...