Sabtu, Oktober 03, 2015

Lutut Sakit (bagian 2): Osteoartritis (OA) Lutut


Bagian 2 dari 2.


Lutut sakit belum tentu karena asam urat dan rematik. Jika anda mengalami lutut sakit saat jongkok, menekuk lutut atau naik turun tangga, disertai lutut kaku di pagi hari, kemungkinan besar lutut sakit anda karena osteoartritis (disingkat OA) lutut. Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan pasien saya mengenai lutut sakit karena OA.

Jadi kenapa lutut sakit saya?

Jika usia anda sudah tidak muda dan lutut sakit saat jongkok, menekuk lutut atau naik turun tangga, disertai lutut kaku di pagi hari, kemungkinan besar anda menderita osteoartritis (disingkat OA) lutut. Bisa juga karena penyebab lain seperti kerusakan tendon (tendinosis) atau peradangan (bursitis), tapi itu lebih jarang lagi. Untuk menentukannya ya harus diperiksa dokter lebih dahulu.

Apakah OA lutut itu?

Pada OA lutut terjadi kerusakan sendi. Tulang rawan sendi, yang berfungsi melindungi sendi terhadap gesekan antara dua tulang, menjadi tipis dan rusak. Akibatnya terjadi gesekan abnormal dan lutut sakit. Dapat juga terasa seperti krek…krekk atau terjadi bengkak. Selain rusak tulang rawan sendi, kerusakan dapat juga terjadi pada seluruh bagian sendi, seperti tulang keras dibawah tulang rawan, kapsul sendi, cairan sendi, ligamen, bursa, urat dan otot di sekitar sendi.


 
Apakah ini yang disebut pengapuran sendi lutut?
 
Ya, walau pada Oa tidak harus terjadi pengapuran. Pada OA lutut terjadi pelebaran tulang dan pengerasan tulang. Pada ronsen tampak sebagai pertumbuhan tulang berlebihan (osteofit) yang sering dibilang sebagai pengapuran sendi, karena tulang terbentuk dari zat kapur (kalsium).


Lutut penderita Oa dapat menjadi bentuk O. Pada ronsen tampak penipisan bantalan rawan sendi lutut.

Apakah OA lutut ini penyakit karena penuaan?

Ya dan tidak. Osteoartritis lutut sebagian besar terjadi pada usia tua atau mulai tua, walau ada juga yang masih muda. Tetapi tidak semua yang sudah tua juga terkena. Dipengaruhi oleh faktor bawaaan lahir (bentuk lutut, kualitas tulang rawan sendi) dan bagaimana pemakaian lutut sehari-hari (misalnya sering naik turun tangga).


Apa yang harus saya lakukan jika mengalami lutut sakit?

Sebelum diobati tentukan dulu dengan tepat apa penyebab sakit lutut anda, oleh dokter yang mengerti benar masalah seperti ini. Jika teman-teman anda menyarankan minum obat atau jamu tertentu, termasuk obat herbal, hati-hati, bisa jadi anda minum obat yang tidak tepat dan memiliki efek samping yang serius. Jangan membeli sendiri obat-obatan yang seharusnya hanya boleh dibeli dengan resep dokter. Berbahaya.

Jika dokter anda bilang lutut sakit anda karena asam urat atau rematik (belum tentu salah lho), atau dia hanya terus-menerus memberi anda obat penghilang nyeri, atau dia hanya terus-menerus menyuntik lutut anda dengan steroid, mungkin anda belum menemukan dokter yang tepat untuk lutut sakit anda.

Apa yang dokter akan lakukan?

Pertama dilakukan pemeriksaan fisik. Saya akan memeriksa lutut sakit anda apakah benar OA lutut, adakah peradangan lutut, tulang rawan dan jaringan apa saja yang terkena, apakah lutut anda X atau O, dan adakah kelainan lain di kaki atau sendi pinggul yang mempengaruhi sendi lutut anda. Kalau perlu dilakukan x-ray atau USG atau pemeriksaan lab darah.

Tindakan medis berikutnya bermacam-macam dan berbeda untuk setiap jenis sakit lutut dan tiap pasien, bisa terapi fisik, latihan penguatan otot, ortosis lutut, alas kaki khusus, kinesiotapping, termasuk obat dan proloterapi jika diperlukan.

Apa yang harus saya lakukan sehari-hari jika saya mengalami lutut sakit karena OA?

Anda harus berjalan lebih perlahan dan selalu memakai alas kaki empuk. Hindari menekuk lutut, jongkok, dan naik-turun tangga. WC harus kloset duduk. Duduk dengan kaki diselonjorkan (lutut lurus). Sebaiknya sholat sambil duduk saja, selonjor. Hindari naik-turun tangga. Jika harus, lakukan satu per satu undakan. Naik tangga dengan kaki sisi yang sehat lebih dahulu (yang tidak nyeri atau lebih ringan OA-nya), turun tangga dengan kaki sisi yang sakit (lutut sakit) lebih dahulu.


Hindari menekuk lutut, jongkok, dan naik-turun tangga.

Olahraga apakah yang boleh saya lakukan?

Olahraga yang tidak membebani lutut sakit anda. Hindari menghentak-hentakkan lutut (berlari) dan menekuk lutut (naik-turun tangga atau duduk sila). Contoh olahraga yang aman untuk lutut sakit yaitu bersepeda dan berenang. Boleh berjalan di kolam renang atau senam sambil berendam di kolam renang. Daya apung air setinggi pusar akan mengurangi berat badan hingga 50% dan jika setinggi putting dada hingga 75%. Olahraga senam yang dilakukan perlahan dan low-impact, seperti Taichi, juga sangat baik bagi penderita OA lutut.


Hindari berjalan atau berlari di treadmill karena membebani lutut sakit anda. Lebih baik bersepeda karena berat badan ditopang pantat di sadel, bukan di lutut sakit. Jika bersepeda, termasuk sepeda statis, posisi sadel jangan terlalu rendah sehingga lutut tidak terlalu menekuk.



Apakah saya harus menurunkan berat badan saya?

Ya, jika anda mempunyai berat badan berlebih atau obesitas, karena akan membebani lutut sakit anda. Beberapa penelitian menyatakan obesitas memicu proses metabolik tertentu yang memperberat kerusakan sendi karena OA. Sebaiknya anda menurunkan berat badan dengan pengaturan makan (diet) dan olahraga, tidak cukup dengan diet saja. Olahraga harus tipe aerobik, seperti bersepeda statis.

Apakah baik jika saya mengkonsumsi obat nyeri terus-menerus karena sakit lutut?

Pada sakit lutut karena OA lutut, mengkonsumsi obat nyeri/obat antiradang, terus-menerus tidak menyelesaikan masalah. Bedakan antara hilang atau berkurang rasa nyeri dengan sembuh. Obat nyeri dan anti radang hanya menghilangkan rasa nyeri, tidak menyembuhkan OA lutut anda. Hanya boleh dikonsumsi sementara jika suatu saat lutut anda bengkak disertai nyeri dan hangat.

Beberapa obat nyeri / obat anti radang jika dikonsumsi terus-menerus dapat menimbulkan efek samping di saluran pencernaan dan pembuluh darah. Juga dapat menghambat penyembuhan tulang rawan dan jaringan lunak sekitar sendi, sehingga OA lutut anda bukannya sembuh tetapi malah semakin parah. Sering konsumsi berlebihan obat nyeri karena penderita lutut sakit membeli sendiri obat-obat itu meniru obat yang sebelumnya pernah diberikan dokter. Atau membeli secara bebas obat yang seharusnya hanya boleh dibeli dengan resep dokter di apotik atau toko obat.

Apakah boleh saya minum jamu asam urat dan jamu rematik atau obat herbal untuk nyeri?

Waspadai jamu yang sudah berbentuk pil atau sacchet. Jika anda ingin minum jamu, minumlah jamu yang digodok sendiri, yang bahan pembuatnya anda lihat sendiri, bukan yang sudah jadi kapsul atau serbuk puyer. Jangan minum jamu Cilacap, obat-obat Cina atau Arab serta suplemen yang tidak jelas.

Sebagai dokter saya tidak anti jamu atau obat tradisional lainnya, tetapi melihat banyaknya dan seringnya komplikasi yang sudah terjadi pada banyak pasien saya, saya meminta anda untuk hati-hati terhadap apapun yang masuk ke tubuh anda.

Apakah suplemen glukosamin yang saya konsumsi bermanfaat?

Sejak setahun terakhir di televisi muncul iklan suplemen yang diklaim mampu mengatasi gangguan sendi. Isi suplemen itu adalah zat yang disebut glukosamin.

Ada tiga macam glukosamin: glukosamin HCl, glukosamin sulfat, dan glukosamin sulfat yang terkristalisasi. Penelitian ilmiah terbaru menemukan glukosamin HCl dan glukosamin sulfat tidak memberikan manfaat untuk OA lutut. Beberapa mengklaim bahwa hanya glukosamin sulfat yang terkristalisasi yang masih bisa bermanfaat untuk sakit lutut anda.

Jika anda mengkonsumsi suplemen glukosamin, coba dibaca kandungannya termasuk glukosamin yang mana. Sebagian besar suplemen glukosamin yang dijual di Indonesia, termasuk yang diiklankan di televisi dan yang diimpor dari luar negeri, isinya glukosamin HCl atau glukosamin sulfat.

Jadi, obat apakah yang tepat untuk OA lutut saya?

Berbeda-beda setiap orang dan setiap kasus. Dokter akan memilihkan obat yang tepat, sesuai kondisi yang berbeda tiap pasien, dan dengan efek samping seminimal mungkin. Bisa berupa obat nyeri, suplemen vitamin dan mineral serta obat osteoporosis untuk memperbaiki kualitas tulang anda.



Apakah lutut sakit saya perlu disuntik?

Bisa ya bisa tidak. Berbeda untuk setiap pasien. Ada tiga jenis injeksi yang dapat diberikan untuk OA lutut:
  • Injeksi steroid. Steroid sebenarnya bermanfaat sebagai anti radang sekaligus anti nyeri, tetapi jika digunakan terlalu sering dapat menghambat penyembuhan jaringan sehingga justru OA lutut anda semakin parah. Saya hanya memberikan injeksi steroid hanya setelah menyedot cairan lutut yang bengkak karena radang. Jika tidak bengkak disertai nyeri berat, saya akan melakukan injeksi proloterapi.
  • Injeksi bahan cairan lutut, yaitu asam hyaluronat. Ini yang sering disebut ‘suntik oli’ atau pelumas lutut. Bisa diberikan pada OA lutut yang belum terlalu berat. Injeksi asam hyaluronat ini relatif mahal.
  • Terapi regeneratif. Injeksi ini bukan hanya menghilangkan nyeri atau memberi pelumas, tetapi bertujuan merangsang proses perbaikan sendi lutut. Dapat berupa injeksi zat iritan (proloterapi) atau PRP (platelet rich plasma) yaitu darah pasien sendiri yang diolah dan disuntikan ke lutut. Menurut saya, proloterapi merupakan pilihan terbaik, murah dan efektif untuk lutut sakit karena OA lutut.


Klik disini untuk informasi paling lengkap tentang proloterapi.

Saya diberikan latihan otot paha depan. Untuk apa?

Pada lutut sakit karena OA lutut sering disertai kelemahan dan gangguan kontrol gerak otot paha depan (kuadriseps). Sedangkan otot kuadriseps berfungsi sebagai ‘rem’ mencegah ‘hentakan’ berlebihan kaki terhadap permukaan tanah saat kita berjalan. Hentakan berlebihan itu yang memicu kerusakan sendi lutut. Anda akan diberikan latihan otot paha depan, agar lebih kuat dan lebih terkontrol gerakannya.



Adakah alat bantu yang berguna untuk lutut sakit karena OA?

Beberapa alat bantu dipakai untuk mengurangi beban atau memperbaiki kelurusan sendi lutut yang bermasalah. Pada lutut sakit karena OA, ada beberapa yang dapat digunakan:


  • Cane (tongkat tangan). Berguna pada penderita lutut sakit yang yang kelebihan berat badan. Digunakan di tangan sisi berlawanan dari lutut sakit anda.
  • Bantalan kaki khusus (lateral heel wedge) untuk mengurangi tekanan di sisi dalam sendi lutut. Bantalan kaki ini direkatkan dengan perban elastis di kaki dan digunakan selama melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Plester kinesiotaping. Plester ini digunakan untuk memperbaiki posisi tulang tempurung lutut. Bisa juga untuk ‘mengaktifkan’ otot paha sisi dalam. Plester kinesiotaping diganti tiap 3-4 hari dan dapat terkena air jika mandi.
  • Brace lutut (dekker lutut). Ada dua macam brace lutut. Yang berfungsi mengurangi tekanan pada sendi lutut dan yang berfungsi memperbaiki posisi tulang tempurung lutut.
 
Apakah lutut saya perlu di operasi?

Jika kerusakan pada lutut sakit karena OA sudah terlalu berat, anda sudah berusia lebih 65 tahun serta tidak membaik dengan tindakan-tindakan non-operasi, dapat dilakukan operasi penggantian sendi lutut.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan optimal sebelum anda divonis harus operasi. Periksakan lutut sakit anda di dokter yang tepat. Lakukan kegiatan sehari-hari dan berolahraga dengan benar. Obat yang tepat, latihan otot paha depan, serta injeksi proloterapi merupakan tindakan yang tepat, murah, dan efektif sebelum lutut sakit anda menjadi terlalu parah sehingga harus dioperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisa dan Koreksi Biomekanik. Kenapa Penting?

Dalam praktek sehari-hari saya sering mendapat pasien yang menderita sakit otot-sendi atau cedera olahraga yang tidak kunjung baik. Suda...