Jumat, April 14, 2017

Proloterapi: The Magic of Sugar!



 

Proloterapi adalah bagian dari injeksi  terapi regeneratif, yang tindakan medis untuk merangsang pertumbuhan kembali bagian-bagian dari otot-sendi yang rusak. Jika sakit otot sakit & sendi anda, atau cedera olahraga anda, sudah berlangsung lebih 2-3 bulan, atau terus berulang hilang timbul, maka anda membutuhkan terapi regeneratif. Pemakaian obat anti nyeri dan fisioterapi (dipanaskan dan disetrum) saja biasanya pada kondisi kronis (sudah lama) tidak akan memberikan efek signifikan.


Injeksi proloterapi menggunakan gula yang biasa digunakan untuk infus.  Tusukan jarum suntik dan cairan gula memicu peradangan ringan yang mengaktifkan fibroblast serta kenaikan zat pertumbuhan (growth factor). Fibroblast akan memproduksi kolagen yang akan memperkuat sendi, tendo dan ligamen. Zat-zat pertumbuhan membuat sel-sel bertambah banyak dan mengikat kolagen menjadi bagian dari sendi, tendo dan ligamen. Tendo dan ligament menjadi lebih kuat dan nyeri pun berangsur  berkurang.


Injeksi proloterapi diulang beberapa kali untuk mencapai penyembuhan optimal. Jumlah pengulangan tergantung usia, daya tahan tubuh, di bagian mana kerusakan terjadi dan seberapa berat kerusakan itu. Pengulangan dilakukan tiap 2-5 minggu.


Injeksi proloterapi menimbulkan efek mirip imunisasi di sendi yang diinjeksi. Dalam beberapa hari dapat terasa rasa tidak enak, panas atau sedikit bengkak di lokasi injeksi. Reaksi normal setelah injeksi proloterapi itu cukup diatasi dengan meminimalkan gerak sendi yang diinjeksi selama beberapa hari. Jika perlu diberikan obat anti nyeri.


Injeksi proloterapi tidak menghabiskan waktu (bolak-balik fisioterapi), dan tepat sasaran, memperbaiki yang rusak bukan hanya mengurangi nyeri sementara. Jadi jika anda mengalami sakit sendi dan sakit otot yang terus menerus tidak kunjung baik, atau mengalami cedera olahraga berulang, periksakan diri anda ke dokter yang tepat. Siapa tahu proloterapi adalah solusi tepat masalah anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Analisa dan Koreksi Biomekanik. Kenapa Penting?

Dalam praktek sehari-hari saya sering mendapat pasien yang menderita sakit otot-sendi atau cedera olahraga yang tidak kunjung baik. Suda...